Fasilitas Internet

Jaringan Internet UGM

Semenjak 1996 UGM telah terhubung ke internet dengan domain ugm.ac.id yang menggunakan jaringan telepon UGM. Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi, saat ini DSDI sebagai ISP (Internet Service Provider) bagi seluruh fakultas dan unit kerja di lingkungan UGM telah memiliki total bandwith internet yang tersedia sebesar 250 Mbps dan akan terus ditingkatkan untuk menunjang proses perkuliahan, penelitian dan administrasi perkantoran.

Pusat jaringan (core) DSDI didukung oleh Cisco Catalyst 4510 saat ini sudah terhubung melalui media fiber optic ke distribution switch Gigabit Ethernet Cisco seri 3500 dan 3700 yang ada di 11 lokasi termasuk Fakultas MIPA.

Jaringan Internet FMIPA dan Kimia

Dengan dukungan dana dari program-program yang ada di lingkungan FMIPA UGM beserta sumbangan dari para alumni, mulai tahun 2002 telah dibangun Student Internet Center (SIC) berupa gedung 3 lantai yang dilengkapi dengan 120 PC. Pada awalnya SIC diprioritaskan bagi kepentingan akses mahasiswa FMIPA UGM.

Untuk di Departemen Kimia terdapat fasilitas komputer untuk mahasiswa dengan bergabung di Laboratorium Kimia Komputasi. Fasilitas ini dapat digunakan untuk keperluan workshop komputasi, pengetikan, pencetakan dan keperluan lainnya.

eberapa tempat yang menjadi pusat aktivitas mahasiswa seperti di Gedung Dekanat, Gedung Fisika, Kimia dan Matematika di Sekip Utara, serta Gedung Sekip Unit III telah dilengkapi dengan fasilitas internet tanpa kabel (WiFi). Akses WiFi dapat dilakukan dengan menggunakan akoun SSO untuk seluruh pemilik akoun ugm.ac.id.

Pendaftaran akoun SSO UGM

Bagi seluruh civitas akademika UGM (mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan) dapat memiliki akoun ugm.ac.id yang berfungsi sebagai SSO (Single Sign On). Fasilitas ini termasuk untuk email, blog hosting, sistem akademik dan sistem informasi lainnya.

Banner-maba-dsdi-ok-1-1024x457

Informasi link bagi mahasiswa :

Guna mendukung pemakaian perangkat lunak legal, maka UGM juga menyediakan fasilitas Dreamspark. Dreamspark adalah bentuk Grant Microsoft kepada Pendidikan dengan tujuan utama mendukung riset dan pengembangan. Microsoft mensyaratkan 2 tipe Dreamspark di UGM, yaitu Dreamspark Standard dan Dreamspark Premium.

Lisensi Dreamspark Premium Microsoft (terdapat OS Windows, Visio, dan seluruh developer tools) dikhususkan untuk mahasiswa tingkat S1 dan Pascasarjana STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematic) atau yang termasuk di fakultas MIPA, yang MASIH AKTIF.

Untuk dapat mengakses fasilitas ini, klik link berikut.