Fasilitas

Fasilitas gedung

Program Studi Kimia menempati ruangan dengan luas lantai 3.093 m2, yang digunakan sebagai laboratorium, sedangkan ruang dosen dan tata usaha menempati ruang seluas 697,5 m2. Untuk ruang kuliah tersedia 24 ruang dengan luas total 2.130 m2 yang digunakan bersama-sama prodi lain di lingkungan FMIPA. Untuk mendukung perkuliahan, beberapa ruang kuliah dilengkapi dengan OHP, LCD, projector, dan PC, dimana untuk ruang kuliah yang besar dilengkapi dengan pengeras suara serta beberapa dilengkapi dengan AC.

Di Prodi Kimia terdapat 5 Laboratorium, meliputi Laboratorium Kimia Dasar, Laboratorium Kimia Fisika (didalamnya terdapat Pusat Kimia Komputasi Indonesia –  Austria), Laboratorium Kimia Analitik, Laboratorium Kimia Organik, dan Laboratorium Kimia Anorganik yang didalamnya termasuk ruang-ruang kuliah dan seminar. Berbagai peralatan laboratorium utama seperti TEM, UV-Vis, AAS, FT-IR, NMR, GC, GC-MS, HPLC, dan XRD serta peralatan laboratorium (peralatan gelas dan peralatan minor) lainnya telah tersedia di Program Studi Kimia. Peralatan sejenis juga tersedia di laboratorium-laboratorium lain di lingkungan UGM seperti Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT, yang telah berstandar ISO 17025), PAU Pangan Gizi dan PAU Bioteknologi. Di setiap laboratorium tersedia pula ruang seminar yang digunakan untuk tempat komunikasi dan diskusi hasil penelitian di tingkat laboratorium.

Selain keberadaan perpustakaan referensi yang telah memiliki lebih dari 2000 koleksi, untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pelayanan, Jurusan Kimia mendapatkan peralatan sampling air hujan dan udara dari Keio University, (jepang, 2008), microwave digester dari projek PHKI (2010), dan Transmission Electron Microscope (TEM) dari Program Revitalisasi MIPA (DIKTI, 2011).

Fasilitas Pendukung Pembelajaran dan Penelitian.

Untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian, program studi Kimia telah memiliki inventaris alat-alat komputerisasi sendiri. Selain itu, program studi Kimia juga mendapat bantuan komputer, server, beserta perangkat lunak dari pemerintah Austria dalam rangka mencukupi kebutuhan penelitian di bidang kimia komputasi/teori di Laboratorium Komputasi Kimia Austrian-Indonesian Center for Computational (AIC).Disamping itu terdapat software Gaussian, HyperChem, Visual Molecular Dinamics (VMD), dan ChemOffice untuk menunjang penelitian di bidang kimia komputasi, dan tersedia pula jurnal online yang dapat diakses untuk mendukung riset.