• Home
  • Berita
  • Pengabdian Masyarakat “Bimbingan Teknis: Adopsi Teknologi Paska Panen Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Tembakau”.

Pengabdian Masyarakat “Bimbingan Teknis: Adopsi Teknologi Paska Panen Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Tembakau”.

Departemen Kimia FMIPA UGM bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan pada tanggal 19 – 21 Mei 2015 mengambil tema “Bimbingan Teknis: Adopsi Teknologi Paska Panen Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Tembakau”. Kegiatan ini bertempat di Hotel Arjuna, Jalan Margo Utomo, Yogyakarta dengan tujuan:

  1. Membentuk suatu UMKM diversifikasi pengolahan tembakau non rokok berbasis Home Industry guna meningkatkan taraf hidup petani tembakau
  2. Menerapkan metode isolasi nikotin pada skala laboratorium ke dalam skala Home Industry
  3. Petani dapat mengolah tembakau menjadi ekstrak nikotin murni
  4. Memanfaatkan ekstrak nikotin menjadi biopestisida untuk tanaman dan buah-buahan.
  5. Peningkatan kerjasama antara Departemen Kimia FMIPA UGM dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dan Kabupaten Temanggung

Peserta merupakan petani tembakau dan pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Bandung yang tertarik dengan kerjasama antara Departemen Kimia FMIPA UGM dan Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung untuk meningkatkan taraf hidup petani tembakau, khususnya di Kabupaten Temanggung. Pemateri kegiatan antara lain: Prof. Dr. Bambang Setiaji, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Triwidodo Arwiyanto, M.Sc. (Fak Pertanian UGM), dan Drs. Iqmal Tahir, M.Si. Para peserta mendapatkan pemaparan tentang prospek diversifikasi produk olahan tembakau, tantangan budidaya tembakau misalnya serangan hama dan penyakit, pembuatan ekstrak nikotin, pembuatan asap cair dari limbah tembakau, serta pembuatan tembakau shisha. Tidak lupa dipaparkan aplikasi pupuk SROP untuk budidaya tanaman yang merupakan hasil penelitian Dr. Agus Kuncaka, DEA.

Di hari ketiga para peserta diajak berkunjung dan studi lapangan ke Temanggung. Setelah disambut di DinasPertanian Kabupaten Temanggung, para peserta diajak melihat secara langsung pengolahan tembakau di Desa Kemloko, Kecamatan Kranggan, Temanggung.
DSC_0532

grup nikotin di Temanggung

DSC_0518

di depan jurusan

melihat ekstraktor nikotin

demontrasi ekstraksi nikotin skala lab

Related posts:

Trackback from your site.

Comments (3)

  • Avatar

    Ragil Balon

    |

    Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat
    Terimakasih atas informasinya
    Salam sukses

    Reply

Leave a comment