Universitas Gadjah Mada Departemen Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Home
  • Profil
    • SEJARAH
    • Spesifikasi
    • Visi dan Misi
    • Pendidikan dan Pembelajaran
    • Kerjasama
    • Struktur Organisasi
    • TEMA RISET
    • STAFF
      • Staff Kependidikan
      • Staff Pendidik/Dosen
    • e-Office
  • Fasilitas
    • Laboratorium
    • Perpustakaan
    • Fasilitas Internet
  • Akademik
    • Roadmap
      • ROADMAP Penelitian & Pengabdian
      • Roadmap Penelitian DepKim Kimia Hijau
    • Kurikulum 2021
      • Buku Kurikulum 2021
      • Rencana dan Pelaksanaan Kurikulum
      • Matriks dan Peta Kurikulum Kimia
      • Standar Kompetensi Lulusan
      • Silabus Mata kuliah Prodi Kimia
    • Program Sarjana
      • PKL
      • KKN
      • Tugas Akhir
      • Pengajuan Yudisium
      • Module Outline
    • International Undergraduate Program
    • Program Pasca Sarjana
  • Layanan
    • Magang Perkuliahan
    • Magang Penelitian
    • Konsultasi
    • Jasa Analisis
      • TEM
      • Attenuated Total Reflectance-FTIR Spectrometer
  • Dokumen
    • Rencana Strategis Departemen Kimia 2023-2027
    • Analisis Capaian Kinerja Prodi Magister Kimia
    • PKL
      • Pengumuman PKL TA 2020-2021
      • S1-PKL-BORANG IJIN PKL
      • S1-PKL-PANDUAN PKL
      • S1-PKL-Borang Pendaftaran Ujian
    • TUGAS AKHIR
      • S1-Template Skripsi Departemen Kimia
      • S1-SOP PELAKSANAAN TUGAS AKHIR
      • S1-Heregistrasi Masa Pandemi
      • S1-Buku Panduan Seminar Tugas Akhir 2018 revisi 2
      • S1-Borang Ijin Lembur Kerja Lab
      • S1-Borang Surat keterangan STA
      • S1-Borang Pendaftaran Ujian Skripsi
      • S1-Borang Check List Yudisium
      • S2-Borang Pendaftaran Ujian Tesis
      • S3-Borang Pendaftaran Ujian Komprehensif
      • S3-Borang Pendaftaran Penilaian Disertasi
      • S1-S2-S3 Borang Pernyataan Bebas Plagiasi
    • AKREDITASI S1 IUP
      • SERTIFIKAT AKREDITASI RSC 2013-2018
      • SERTIFIKAT AKREDITASI RSC 2018-2023
      • SERTIFIKAT AKREDITASI RSC 2023-2027
    • AKREDITASI S1
      • AKREDITASI S1 2004-2009
      • AKREDITASI S1 2009-2014
      • AKREDITASI S1 2015-2020
      • SK PERPANJANGAN BAN PT 2016-2021
      • Sertifikat BAN-PT Unggul Sarjana Kimia 2020-2023
      • SERTIFIKAT BAN-PT UNGGUL SARJANA KIMIA 2023-2027
    • AKREDITASI S2
      • AKREDITASI S2 2000-2006
      • AKREDITASI S2 2006-2011
      • AKREDITASI S2 2011-2016
      • AKREDITASI S2 2015-2020
      • AKREDITASI S2 2020-2025
    • AKREDITASI S3
      • AKREDITASI S3 2010-2015
      • AKREDITASI S3 2015-2020
      • AKREDITASI S3 2020-2025
      • AKREDITASI S3 ASIIN 2025-2030
  • KEMAHASISWAAN
    • Pendaftaran Mahasiswa Baru
    • Organisasi Mahasiswa
    • Kegiatan Mahasiswa
    • Mobilitas Mahasiswa
    • Beasiswa
    • JADWAL UJIAN SKRIPSI
    • HEREGISTRASI MASA PANDEMI
  • PUBLIKASI
    • DOSEN
      • Publikasi Dosen 2024
      • Publikasi Dosen 2023
      • Publikasi Dosen 2022
      • Publikasi Dosen 2021
      • Publikasi Dosen 2020
    • MAHASISWA
      • Publikasi Mahasiswa Master
      • Publikasi Mahasiswa Doktor
  • MBKM
    • Program Kampus Merdeka 2023
    • Tawaran Program Internship Luar Negeri
    • Study at the University of Missouri Kansas City, United States
    • Tawaran Magang Kerja
  • Survei Kepuasan Stakeholder
    • Survei Kepuasan Pengguna Alumni S2
    • Survey Lulusan Magister TA 2023/2024
    • Survei Kepuasan Dosen
    • Survei Kepuasan Mitra
    • Survei Kepuasan Tendik
  • PRESTASI
  • KERJASAMA & PENGABDIAN
  • SPMI
  • Beranda
  • medianews
  • 15 OCT Warta Ekonomi-Akademisi Harap Siswa Dapatkan Literasi Kimia

15 OCT Warta Ekonomi-Akademisi Harap Siswa Dapatkan Literasi Kimia

  • medianews
  • 15 October 2017, 20.50
  • Oleh: admin
  • 0

Link berita :  https://www.wartaekonomi.co.id/read157708/akademisi-harap-siswa-dapatkan-literasi-kimia.html

Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Prof Sri Rahayu mengatakan jika literasi kimia perlu diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern abad ke-21.

“Berbagai upaya telah dilakukan sejumlah negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan literasi kimia siswa, seperti diluncurkan kurikulum baru 2013,” ungkapnya, di Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (15/10/2017).

Pada seminar “Sinergi Penelitian dan Pembelajaran untuk Mendukung Pengembangan Literasi Kimia pada Era Global”, Sri mengatakan guru kimia sebagai tonggak penentu keberhasilan dari upaya tersebut perlu memahami dengan baik pengertian literasi kimia. Selain itu, katanya lagi, juga perlu memahami bagaimana cara menilai dan mendesain pembelajaran kimia yang berorientasi peningkatan literasi kimia siswa. Cara menilai literasi kimia dapat menggunakan kerangka literasi sains PISA dan literasi kimia Shwartz,

Menurut dia, pembelajaran kimia dapat didesain dengan mengoptimalkan aspek-aspek literasi yaitu memilih topik kimia yang memiliki banyak relevansinya bagi kehidupan siswa dan mencakup pengetahuan deklaratif, prosedural serta epistemik, strategi pembelajaran berbasis inkuiri.

“Aspek lainnya adalah menentukan konteks yang relevan, kontemporer atau isu-isu sosiosaintifik, menentukan nilai-nilai afektif dan cara belajar siswa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran berorientasi literasi kimia,” ujarnya.

Sedangkan, guru besar Fakultas MIPA UGM Prof Karna Wijaya mengatakan tanpa literasi sains dasar seperti kimia, mustahil bagi bangsa Indonesia untuk menguasai teknologi kimia secara baik, dan pada gilirannya dapat menurunkan daya saing SDM Indonesia di era globalisasi.

“Edukasi kimia dapat dimulai sejak dini, mulai bangku taman kanak-kanak, melalui pemberian konsep-konsep yang sederhana sampai yang sangat kompleks di perguruan tinggi, untuk menumbuhkan kecintaan terhadap ilmu kimia sehingga berminat menekuni dan mengembangkannya kelak,” katanya pula.

Menurut dia, edukasi formal dilakukan oleh guru, dosen atau peneliti, namun semua orang yang mengerti tentang kimia atau “chemistry lover” sebaiknya ikut berpartisipasi dalam program edukasi agar masyarakat lebih “literate” dalam bidang kimia. Edukasi dapat dilakukan secara formal dan non-formal melalui berbagai media edukasi, seperti buku, jurnal, media massa. Untuk mengoptimalkan edukasi kimia, penguatan pendidikan kimia, riset, dan implementasinya di perguruan tinggi perlu dilakukan.

“Implementasi hasil-hasil riset di perguruan tinggi ke masyarakat dan dikembangkan metode edukasi kimia berbasis riset diharapkan mampu meningkatkan literasi kimia masyarakat Indonesia dalam menghadapi era globalisasi,” imbuhnya.

Seminar yang diselenggarakan Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY itu, dihadiri sekitar 300 peserta terdiri atas dosen, guru, dan mahasiswa. (HYS/Ant)

Tags: ilmu kimia literasi kimia majalah pembelajaran kimia sains dasar surat kabar

Berita

  • Sosialisasi Kompetisi Inovasi & Teknologi PFsains 2025
  • Beasiswa Program Doktor untuk Dosen Indonesia (PDDI) Tahun 2025
  • Kolaborasi Internasional Program Cotutelle joint research Program Doktor Kimia Universitas Gadjah Mada dan Hokkaido University
  • Mahasiswa Kimia UGM Inisiasi Program Herbavibe, Promosikan Gaya Hidup Sehat dengan TOGA di Desa Wisata Tanjung
  • Tim Pengabdian Pemandatan Lab Kimia Fisika UGM Serahkan Alat Distilasi Uap, Dorong Kemandirian Ekonomi Petani di Ngaglik
Universitas Gadjah Mada

Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada
Sekip Utara, Bulaksumur, Yogyakarta 55281 Indonesia Telp: 0274-545188, Fax: 0274-545188, email : chemistry@ugm.ac.id

No WhatsApp: 0895-3274-70120

© Universitas Gajah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju