Pendidikan dan Pembelajaran

Sesuai UU No. 20/2003, saat ini Jurusan Kimia FMIPA UGM menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam 3 (tiga) tingkat program strata yaitu: (1) Program Sarjana Sains, (2) Program Magister Sains dan (3) Program Doktor dalam Ilmu Kimia. Per 15 Mei 2014, Prodi S1 Kimia FMIPA UGM didukung 44 tenaga dosen, dengan 14 orang memiliki kualifikasi Guru Besar. Tiap laboratorium paling sedikit memiliki 2 Guru Besar. Dari jumlah dosen di atas 34 orang memiliki gelar doktor, dimana 26 doktor diperoleh di luar negeri. Dalam mengembangkan ilmu, dosen-dosen membentuk kelompok minat penelitian. Ada lima kelompok minat penelitian yaitu Minat Hayati, Minat Lingkungan, Minat Industri, Minat Kimia Teori dan Komputasi, Minat Material. Tiap kelompok minat diketuai oleh seorang ketua dan seorang sekretaris.

Dalam melaksanakan riset beberapa dosen berkolaborasi dengan institusi luar negeri antara lain dengan Keio University, Chiba University, TUBS Jerman, Hokkaido University, Innsbruck University dan lain-lain. Mulai tahun anggaran 2008 hingga 2010, Prodi S1 Kimia mendapat Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) tipe C (internasionalisasi). Sebelumnya Prodi  S1 Kimia FMIPA UGM juga mendapatkan hibah QUE project pada tahun 1999-2004.

Sebagai bagian dari masyarakat ilmiah internasional, bagian dari masyarakat Indonesia, dan bagian dari FMIPA UGM, Prodi S1 Kimia memiliki tugas mengembangkan dan mengajarkan Ilmu Kimia sebagai ilmu dasar dan terapannya pada ilmu-ilmu lain yang dikembangkan di UGM. Kontribusi Jurusan Kimia dalam mengembangkan Ilmu Kimia diwujudkan melalui publikasi baik nasional maupun internasional. Prodi S1 Kimia juga membantu menyelesaikan masalah masyarakat yang terkait dengan ilmu kimia dalam berbagai kesempatan kegiatan pengabdian masyarakat.    

Dengan memperhatikan hal-hal yang dikemukakan di atas serta dengan berpedoman pada visi UGM yaitu “Menjadi universitas kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat dan dengan dijiwai Pancasila mengabdi pada kepentingan dan kemakmuran bangsa” dan visi FMIPA UGM yaitu “FMIPA yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya, literate dalam teknologi informasi, berjiwa wirausaha, dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional”, maka terlihat dengan jelas keterkaitan yang erat antara visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi S1 Kimia FMIPA UGM.  Visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah dirumuskan di atas saling terkait dan realistis karena telah didukung oleh sumber daya yang cukup memadai serta in-line dengan cita-cita luhur UGM untuk menjadi “World Class University” (WCU) tanpa kehilangan jati diri sebagai universitas kerakyataan, yakni tetap dekat dengan rakyat dan membantu permasalahan rakyat dengan mengangkat keunggulan dan sumberdaya alam lokal.

Proses pembelajaran telah dilakukan dengan baik, seperti ditunjukkan oleh kehadiran dosen sesuai jadwal kuliah 90 %. Proses pembelajaran berpusat mahasiswa telah diterapkan dengan menggunakan metode project based-learning (PBL). Beban mengajar untuk tiap dosen cukup baik yaitu rerata 7 sks/semester. Proses pembelajaran tersebut didukung dengan ketersediaan bahan ajar, seperti textbook, diktat, catatan kuliah, handouts, RPKPS, akses internet, CD-ROM di perpustakaan jurusan yang sangat membantu proses perkuliahan.

(kembali)