Profil

Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM didirikan pada tanggal 1 September 1960 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 22/DIKTI/kep/1995 dan dikukuhkan lebih lanjut dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 221/DIKTI/Kep/1996 tertanggal 11 Juli 1996.

Sebagai institusi pendidikan tinggi, Program Studi Kimia Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM  melalui Prodi S1 Kimia ikut bertanggung jawab untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan keahlian khusus dalam bidang kimia yang dapat memberikan kontribusi yang besar untuk menghasilkan hasil riset bagi pengembangan iptek.

Selain itu, sebagai bagian dari Universitas Gadjah Mada, Program Studi Kimia Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM memikul tanggung jawab pada pembudayaan Ilmu Kimia di Indonesia, seperti diamanahkan dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Visi 

Menjadi suatu institusi pendidikan tinggi di bidang kimia yang:

  1. unggul secara nasional dan dikenal secara internasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,
  2. menghasilkan alumni yang unggul dan mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional.

Misi

Misi untuk menumbuhkembangkan

  1. Sistem pendidikan yang menjamin terselenggaranya proses pembelajaran dalam bidang ilmu kimia dengan hasil didik berkualitas internasional bagi semua lapisan masyarakat Indonesia yang memiliki potensi dan motivasi untuk maju.
  2. Kondisi yang kondusif bagi terselenggaranya kegiatan penelitian (baik fundamental maupun terapan) dalam bidang ilmu kimia bertaraf internasional yang menunjang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan umat manusia.
  3. Sikap masyarakat bahwa ilmu kimia merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berperan penting dalam peningkaran kesejahteraan dan kualitas umat manusia, baik secara material maupun secara spiritual.

Tujuan:

  1. Mempersiapkan lulusan program studi kimia untuk menjadi anggota komunitas kimia dunia, yang memiliki kompetensi dasar sebagai sarjana ilmu kimia untuk mengembangkan dirinya ke arah tenaga kerja yang profesional, sesuai dengan bidang-bidang lapangan kerja yang dikehendaki.
  2. Mengembangkan kompetensi tambahan yang menjadi ciri khas Program Studi Kimia Departemen Kimia Fakultas MIPA UGM yang akan disampaikan kepada mahasiswa, sesuai dengan keunggulan sumber daya yang dimiliki institusi maupun lingkungannya.

Comments (3)

  • Avatar

    Anggi

    |

    selamat pagi, saya anggi kusuma wardani, mahasiswa Unika Widya Karya Malang.
    saya ingin menanyakan apakah di universitas ini menerima jasa pengujian dengan menggunakan HPLC, GC-MS, dan ekstraktor flavor Likens Nickerson atau SPME?
    terimakasih

    saya juga meminta nomor kontak yang bisa saya hubungi.

    Reply

    • Avatar

      admin

      |

      Silahkan hubungi Lab Organik Departemen Kimia, Telp./Fax : 0274-545188. Teknisi lab akan menjelaskan secara detail.

      Reply

  • Avatar

    Amarilia

    |

    Assalamualaikum
    Saya Amarilia mahasiswa univesitas hasanddin. Saya ingin menanyakan apakah di universitas ini menerima jasa pengujian analisis kadar galaktomanan?. Saya ucapkan Terima kasih atas perhatianya

    saya juga meminta nomor kontak yang bisa saya hubungi.

    Reply

Leave a comment