Seminar Bersama MGMP Kimia Wonogiri

mgmp-wonogiri-01

Sebagai salah satu perwujudan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, maka Departemen Kimia FMIPA UGM kembali pada tahun 2016 ini mengadakan kunjungan dan seminar bersama dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Kimia SMA se Kabupaten Wonogiri-Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2016 kali ini bertempat di SMU Negeri 2 Wonogiri, yang kebetulan merupakan almamater/tempat sekolah salah satu dosen senior Departemen Kimia UGM, yaitu Dr. Sutarno, M.Si.

Rombongan dosen Departemen Kimia dikomandoi oleh Dr. Winarto Haryadi, M.Si, dan langsung dibersamai oleh Ketua Departemen Kimia, Prof. Dr. Triyono, SU. Rombongan yang berjumlah 11 orang dosen/tenaga pengajar, berkumpul di Kampus MIPA hari Jum’at, 20 Mei 2016 sehabis sholat ashar dan langsung berangkat tepat jam 15:50 menggunakan bus mini.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam (yang terasa singkat, karena sepanjang perjalanan diselingi diskusi santai berbagai topik, dibumbui gurauan yang menambah keakraban antar dosen sehingga terasa betul suasana kekeluargaannya), maka rombongan memasuki kota Wonogiri sekitar pukul 18:30, dan langsung menuju salah satu restauran terdekat untuk makan malam sebelum menuju Hotel tempat menginap.

Sehabis makan malam, rombongan Departemen Kimia langsung meluncur ke Hotel yang sudah dipesan sebelumnya, untuk beristirahat dan menyiapkan kegiatan inti Pengabdian Masyarakat esok harinya.

Pagi hari, Sabtu tanggal 21 Mei 2016, setelah sarapan, rombongan melakukan briefing kecil sebelum meninggalkan Hotel dan menuju lokasi pengabdian Masyarakat di SMUN 2 Wonogiri.

Pihak sekolah sangat antusias, dan penyambutan berlangsung sangat hangat. Di kesempatan ini pula, Dr. Sutarno, M.Si mengenang kembali saat-saat beliau melalui masa sekolah SMA dulu sampai awal tahun 1980-an. Dikarenakan guru-guru SMA se kabupaten Wonogiri  yang berjumlah sekitar 40 orang guru sudah berkumpul, maka acara seminar dan diskusi dengan topik ‘Aplikasi riset kimia untuk pendidikan tingkat SMA’ segera dimulai, dan langsung secara resmi diawali kata sambutan oleh Ketua Departemen Kimia, Prof. Dr. Triyono, SU.

Dalam kesempatan ini, ada 6 dosen yang memberikan pemantik materi, yaitu:

  1. Ria Armunanto, M.Si
  2. Dr. Endang Tri Wahyuni, MS
  3. Winarto Haryadi, M.Si
  4. Fajar Pradipta, S.Si. M.Eng
  5. Sutarno, M.Si
  6. Yateman Arryanto

Dibagi menjadi 2 sesi, pagi dan siang  dengan moderator Sugeng Triyono, M.Si dan Suherman, M,Sc. Ph.D.

mgmp-wonogiri-05

mgmp-wonogiri-06

Masing-masing pemantik diskusi memberikan gambaran, bahwa sebetulnya ada banyak riset sederhana dalam bidang kimia yang bisa diaplikasikan untuk materi pembelajaran di SMA. Mulai topik Kimia Komputasi, Kimia Analisis Lingkungan, Pemanfaatan material alam, dan bahkan bagaimana kimia secara sederhana bisa dimanfaatkan untuk optimalisasi hasil pertanian.

Para guru SMU se Kab. Wonogiri sangat antusias terkait materi yang disampaikan para dosen, dan mengapresiasi acara ini karena dengan kegiatan ini, guru SMA menjadi lebih terbuka dan bertambah informasi-nya terkait peluang riset sederhana yang sebetulnya bisa dilakukan dan dimasukkan dalam materi pembelajaran Kimia di tingkat SMU.

mgmp-wonogiri-03

mgmp-wonogiri-04

mgmp-wonogiri-02

Akhirnya, waktu jualah yang membatasi, karena pukul 15:00 sudah menjelang, moderator dengan sangat terpaksa mengakhiri sesi 2 seminar dan diskusi yang berlangsung sangat menarik.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat kegiatan oleh Ketua Departemen Kimia Prof. Dr. Triyono, SU kepada guru MGMP Kimia Kab. Wonogiri.

Prof. Triyono juga pada kesempatan ini kembali mengucapkan terima kasih atas semangat yang ditunjukkan selama kegiatan, dan terima kasih atas kesediaan pihak SMUN 2 Wonogiri yang sudi menjadi lokasi kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Pihak Sekolah langsung diwakili Kepsek Drs. Dalimin, M.Pd pun mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Departemen Kimia UGM, dan berharap di masa mendatang kegiatan serupa bisa dikembangkan demi meningkatnya kapasitas guru SMU. (Reporter: Suherman).

 

mgmp-wonogiri-07

mgmp-wonogiri-08

mgmp-wonogiri-09

Related posts:

Tags: , , , , ,